Cara Analisis SWOT Dalam Bisnis Online

Ditulis Oleh admin 23/04/2017 0 Komentar

CARA ANALISIS SWOT DALAM BISNIS ONLINE

 

Analisis swot

 

 

SWOT Singkatan dari Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kelemahan, Opportunities/Peluang, Threats/Ancaman adalah suatu metode analisa untuk swebuah bisnis agar bisnisnya bisa terus berkembang dan disukai banyak orang. Analisis SWOT dapat memberikan hal yang positif untuk bisnis yang sedang anda jalankan.

 

Jika diklasifikasikan, analisis SWOT terbagi menjadi 2 bagian. Strengths and Weaknesses berasal dari internal, bagaimana cara Anda mengatasi masalah internal dalam bisnis Anda supaya bisa tetap berkembang. Sedangkan Opportunities and Threats berasal dari external, bagaimana cara Anda melakukan analisa terhadap hal-hal yang ada dipasar saat ini supaya bisnis Anda bisa tetap berkembang

 

Melakukan Analisis SWOT membutuhkan banyak waktu dan tenaga, ada baiknya analisis ini tidak dikerjakan sendirian, harus membawa konsultan dari luar yang memiliki perspektif dan wawasan yang lebih obyektif. Atau bisa juga melibatkan pelanggan Anda. Pelanggan bisa menjadi sumber informasi yang baik, jadi cobalah untuk meminta feedback dari mereka tentang usaha yang sedang anda jalankan. Dan lakukan Analisis SWOT minimal dua kali dalam setahun

 

Anda yang malakukan bisnis online harus bisa membandingkan bisnis online anda dengan bisnis online yang lainnya atau dengan pebisnis offline sekalipun. Dengan begitu Anda bisa mengetahui sejauh mana perkembangan dari bisnis anda tersebut.

 

analisi swot

Mari kita simak satu per satu dari Analisis SWOT :

 

1.Strengths/Kekuatan

 

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi lebih baik dibandingkan dengan pebisnis online lainnya ? Jika kualitas dari produk sudah menjadi kekuatan rata-rata dari pebisnis, maka pelayanan yang lebih kepada pelanggan menjadi salah satu pilihan yang baik untuk Anda lakukan supaya menambah kekuatan bisnis Anda. Misal dengan layanan konsultasi 24 Jam dan dilakukan secara cepat atau fast respon yang Anda berikan, akan membuat pelanggan merasa puas. Atau jika dalam pencarian produk, pelanggan mencari produk tertentu tetapi sedang kosong atau tidak ada. Anda bisa menyarankan pilihan produk lainnya (discovery  product) sesuai dengan  yang pelanggan Anda cari.

 

 

2.Weaknesses/Kelemahan Bisnis Online

 

Dalam bisnis online, salah satu kelemahannya adalah dalam proses pengiriman yang memakan waktu cukup lama. Ditambah berat barang, kualitas barang dan barang yang tidak tahan lama akan menyebabkan bertambahnya biaya kirim untuk barang tersebut. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, maka Customer satisfacation atau kepuasan pelanggan tidak akan terjadi.

 

Bagaimana cara membuat kelemahan menjadi kekuatan ?
Cara yang bisa anda lakukan salah satunya dengan memberikan potongan untuk biaya kirim, atau rewards lainnya yang bisa membuat pelanggan menjadi tidak keceawa. Atau dengan memberikan Voucher dan kupon belanja.

 

Adanya penipuan dalam transaksi bisnis online menjadi salah satu kelemahan. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menyertakan testimoni atau portofolio pada website atau tempat anda berbisnis online.

 

 

3.Opportunities/Peluang

 

Dalam bisnis online pastinya berkaitan dengan teknologi. Anda harus bisa melihat teknologi terupdate apa yang bisa anda terapkan dalam bisnis online anda, agar bisa mempermudah pelanggan dalam bertransaksi. Misal perbaikan atau update website dalam modul shopping cart yang bisa membuat pelanggan lebih cepat dan tepat dalam berbelanja.

 

Atau dengan teknologi live chat, yang bisa merangkum kegiatan pelanggan yang berkunjung pada website Anda. Apa yang kebanyakan mereka cari dalam website Anda bisa menjadi referensi untuk Anda mengembangkan usaha atau bisnis Anda

Situs social media yang ada bisa menjadi peluang untuk bisnis yang Anda jalankan. Ditambah dengan Marketing Stratwegi seperti facebook ads, instagram ads google ads dll.

 

Dengan adanya bisnis model “content based commerce” membuka peluang baru untuk pebisnis online agar dapat membangun Brand Value yang lebih baik dan untuk menghindari komoditisasi atau tanggapan pengguna internet di mana bisnis online satu dan yang lain dianggap sama

Tapi itu semua dikembalikan kepada Anda sebagai pelaku Bisnis Online, mau tertinggal dengan teknologi terbaru atau melakukan update fitur terbaru agar lebih memudahkan pelanggan.

 

 

4.Threats/Ancaman

 

Anda harus bisa melihat pertumbuhan bisnis online yang ada, karena dengan Anda melihatnya Anda bisa tahu bisnis apa saja yang bisa menjadi ancaman untuk pertumbuhan bisnis Anda dan bisa melakukan perubahan apa yang harus dibuat supaya bisa tetap bersaing dengan pesaing lainnya.

 

Dengan banyaknya pelaku bisnis online memang menjadsi salah satu ancaman, namun itu juga bisa menjadsi acuan untuk Anda bisa terus berkembang. Jika pesaing Anda melakukan inovasi-inovasi supaya usahanya tetap berkembang, Anda juga bisa melakukan inovasi yang lebih agar tidak terkalahkan dengan pesaing Anda tersebut. Tapi masih tetap dalam persaingan yang sehat yaa ..

 

Demikian tentang CARA ANALISIS SWOT DALAM BISNIS ONLINE, semoga dapat menambah wawasam kita dalam berwirausaha dengan sistem online

 

Terimakasih

 

 

Best Regards,

 

 

 

Management

Vansbila Creativa

 

Tinggalkan Balas Komentar