Pengertian Singkat Domain dan Hosting

Ditulis Oleh admin 03/05/2017 0 Komentar Tips & Event,

Pengertian Singkat Domain dan Hosting

 

Hosting dan Domain

 

 

Apa yang dimaksud domain dan hosting ?

 

1. Pengertian Domain

 

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama  server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

 

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain disebut DNS. DNS adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain tersebut.


Domain pun mempunyai level-level tertentu. Nah berikut adalah ulasan dari level-level domain.

  1. TOP Level Domain

TOP Level Domain memiliki dua jenis, yaitu gTLD(Global Level Domain), dan satunya lagi bernama ccTLD(Country Code Top Level Domain). Untuk gTLD, nama domainnya itu "berdiri sendiri", berikut adalah daftar domain gTLD:

  1. .com
  2. .net
  3. .org
  4. .edu
  5. .gov
  6. .mil
  7. .info

Nah, sementara untuk domain ccTLD, berikut adalah daftarnya:

  1. .id
  2. .co.id
  3. .web.id
  4. .my.id
  5. .ac.id
  6. .sch.id
  7. .or.id

 

 

2. Pengertian Hosting

 

Sebelumnya, apakah kamu tau flashdisk atau haddisk? Tentu tau dong. Kedua perangkat tersebut digunakan untuk menyimpan data bukan? Nah begitu juga dengan hosting. Hosting merupakan sebuah tempat di mana nantinya data-data website kamu seperti artikel, gambar, coding-coding template akan di simpan di dalam hosting tersebut.

Singkatnya, hosting merupakan “flashdisk digital” untuk para pemilik website. Tanpa adanya hosting, tentu kita tak bisa membuat website, karena hosting adalah tempat di mana semua data-data yang di perlukan untuk sebuah website akan disimpan di dalam hosting tersebut.


Sebelum kamu membeli sebuah hosting, pastikan hosting tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan website kamu. Spesifikasi yang penting dalam sebuah hosting untuk membangun sebuah website di antaranya adalah: 

  1. Space atau kapasitas yang di miliki hosting.
  2. Bandwidth, sebuah kapasitas yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang menuju ke website kamu. Jadi saya sarankan untuk memilih hosting yang memiliki bandwidth yang besar, dan untuk bandwidth ini biasanya setiap bulannya di reset.
  3. Database, pilihlah hosting yang mendukung database yang besar, karena database ini digunakan untuk menentukan besarnya data yang bisa kamu simpan.

Demikian sekilas tentang Pengertian Hosting dan Domain. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jika ada masukan lebih dari teman-teman, bisa langsung dishare di kolom komentar.

 

Terimakasih

Tinggalkan Balas Komentar