Periksa Tiga Bagian Mobil Ini Agar Tidak Mudah Mogok

Ditulis Oleh admin 29/04/2017 0 Komentar Tips & Event,

Periksa Tiga Bagian Mobil Ini Agar Tidak Mudah Mogok

 

mobil mogok, mogok, mobil

 

 

Bukan tidak mungkin bagi mobil untuk bisa mengalami mogok. Karena pada dasarnya mobil itu adalah barang, dan barang pastinya akan mengalami kerusakan. Sekalipun mobil tersebut tergolong dalam kelas mobil mewah, yang namanya mogok pasti akan dialami.

Oleh karena itu, bagi para pemilik mobil, ada baiknya melakukan servis secara rutin dan berkala agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang dalam perjalanan.

Bagi yang tidak begitu paham dengan seluk beluk isi dalam mesin mobil, ada baiknya melakukan servis langsung ke bengkel resmi. Sebeb  tak dapat dipungkiri ada saja oknum bengkel yang memanfaatkan momen seperti ini, yaitu mencari keuntungan  dengan cara tidak benar, sehingga memaksa pemilik untuk membeli sesuatu           yang seharusnya tak perlu dibeli.

 

Adapun tiga bagian mobil yang harus diperiksa saat mengalami mogok adalah sebagai berikut :

 

1. Cek air Radiator

 

radiator

 

Perhatikan tanda batas air radiator, apakah berkurang atau masih cukup. Jika berkurang, tambahkan dengan air sampai batas maksimal, jangan lebih.

Jika air radiator berkurang yaitu maka suhu mesin mobil lebih mudah panas sehingga terjadi overheating.

 

 

2. Cek oli

 

oli

 

Hampir semua pabrikan otomotif menyarankan agar oli mesin diganti secara berkala. Sebab, oli sendiri berfungsi sebagai pelumas, pembersih, penyekat, pencegah karat dan juga pendingin

Karena kerja oli cukup berat, maka kekentalan oli bisa cepat berubah. Sekalipun mobil tersebut berdiam diri di garasi.

Karena itu, jika waktunya diganti, oli harus diganti. Biasanya, oli diganti jika mobil sudah menempuh jarak 5.000 atau 10.000 kilometer, tergantung jenis olinya.

 

 

3. Cek Bagian Aki 

 

aki

 

Pastikan apakah kabel aki kendur atau kencang. Sebab, jika kabel kendur, arus listrik pada aki bisa lemah. Selain itu, apakah aki masih layak pakai. Ini bisa dilihat dari tanda yang tertera di aki itu sendiri.

Jika tandanya warna hijau, berarti aki masih baik. Jika warnanya merah, berarti aki sudah lemah dan harus diganti.

Aki memegang peranan penting. Sebab, sejumlah aksen, fitur atau aksesoris menggunakan listrik yang berasal dari aki. Termasuk dalam menyalakan mobil.

Demikian artikel tentang Periksa Tiga Bagian Mobil Ini Agar Tidak Mudah Mogok. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

 

Terimakasih

 

Best Regards,

 

 

Management

Vansbila Creativa

 

 

 

Tinggalkan Balas Komentar