Digital Strategi Marketing

Ditulis Oleh admin 21/01/2018 0 Komentar Tips & Event,

 

Apa itu Digital Strategi ?

 
 
Dulu, kita terbiasa berjalan sore hari menuju toko kaset untuk mendengarkan kemudian membeli lagu-lagu keren musisi pujaan. Perlahan, pita kaset yang menjadi penyalur suara musik itu berubah menjadi digital compact disc, seiring dengan bermunculannya teknologi player (penyetel) untuk musik-musik tersebut. Tak lama kemudian, dengan teknologi yang lebih baru lagi, muncul player (penyetel) yang bisa digunakan melalui saluran internet hingga kemudian masuk ke dalam handphone dan terus menuju smartphone.
 
Salah satu contoh fokus pembentukan revenue stream yang sukses di dalam dunia digital dan berhubungan dengan musik adalah Itunes, mereka berhasil meraup keuntungan besar dengan digital strategi yang dilakukan.
 
Strategi digital - adalah proses penentuan visi, tujuan, peluang dan inisiatif sebuah organisasi baik bisnis maupun nirlaba untuk memaksimalkan manfaat dari prospek dunia digital. Perubahan-perubahan strategi, dari strategi offline menjadi strategi online atau lebih luas lagi adalah digital, sangat dipengaruhi perubahan fokus pada perusahaan atau organisasi itu sendiri.
 
Seperti perubahan pada industri musik diatas, terjadi perubahan-perubahan fokus dalam skema pengiriman hingga materi musik (produk akhir) dan juga publikasi dan pemasarannya, yang perlahan namun pasti menggunakan hampir semua tools digital. Dan banyak lagi contoh digital strategi yang sukses menggunakan teknologi digital dengan fokus pada penyesuaian perubahan itu sendiri.
 
Iklan/publikasi dan pemasaran sebuah perusahaan telah banyak yang berubah/merubah bentuknya ke dalam teknologi digital untuk meraih pelanggan, memuaskan pelanggan hingga terjadinya transaksi secara elektrik. Ditambah dengan fakta bahwa dunia digital masih merupakan hal yang jauh lebih murah dibanding dengan dunia non-digital (konvensional) yang sudah berjalan.
 
Apa itu Strategi Digital? Banyak cara atau pendekatan untuk melakukan strategi digital, tetapi pada intinya, semua melalui 8 (delapan) langkah ini :
 
1. Research (Reset)
Riset marketing adalah suatu upaya pencarian untuk memperoleh informasi yang relevan. Secara teknis, riset marketing merupakan proses formal dan objektif agar dengan sistematik dapat memperoleh menganalisis, dan menafsirkan data yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan dalam marketing. Tujuan akhir riset marketing adalah agar kita dapat membedakan dan memisahkan antara yang nyata benar dari yang nyata tidak benar.
 
Riset marketing kuantitatif
 
Riset marketing kuantitatif merupakan riset yang berhubungan dengan kegiatan usaha dalam menciptakan dan menyerahkan standar kehidupan kepada masyarakat yang hasilnya dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan eksak
 
Riset marketing kualitatif
 
Riset marketing kualitatif merupakan riset mengenai kegiatan usaha dalam menciptakan dan menyerahkan standar standar kehidupan kepada masyarakat yang hasilnya dinyatakan dalam pengertian-pengertian sifat, cirri, derajat atau atribut-atribut kualitatif lainnya.
 
Kegunaan Riset :
1. identifikasi konsumen sasaran. Untuk menetapkan dan mengadakan kualifikasi konsumen-sasaran, para konsumen itu harus dilihat dari dua sudut, yaitu dari sudut daya-beli dan kebutuhan atau keinginan akan produk.
 
2. Perencanaa produk Informasi yang diperoleh dari riset marketing akan mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh menejer marketing. Disini menejer marketing dengan memanfaatkan informasi tersebut, harus membuat keputusan dalam penambahan, pengurangan dan pengubahan unsur-unsur garis produk, kemasan, dan bahkan mungkin pula meliputi merk dagang.
 
3. Penetapan harga Menejer marketing antara lain dapat memanfaatkan informasi mengenai penjualan, harga dan harga para pesaing. Dengan pengetahuan tersebut menejer marketing dapat membuat keputusan yang t5epat sesuai dengan situasi.
 
4. Distribusi fisik Banyak informasi mengenai distribusi fisik yang digunakan oleh menejer marketing itu berkaitan erat dengan biaya yang harus ditanggung perusahaan. Menejer marketing perlu menyusun keputusan dan tindakan efektif yang berkaitan dengan biaya pelbagai alternative wahana transportasi, gudang lokasi dan pemrosesan pesanan.
 
5. Saluran distribusi Informasi yang dihasilkan oleh riset marketing yang dilakukan dengan cara efektif akan bermanfaat bagi manajemen marketing yang berkaitan dengan salah satu ramuan marketing yaitu penetapan saluran distribusi. Menejemen menggunakan informasi mengenai struktur dan prestasi (kinerja) saluran-saluran distribusi itu.
 
6. Promosi Para menejer marketing memerlukan informasi yang bermutu dan signifikan di bidang promosi di salah satu ramuan marketing. informasi itu mungkin diperoleh berdasarkan data-data yang berhasil dihimpun dari para penjual di lapangan, jumlah panggilan melalui telepon, dan waktu yang terpakai dalam kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan penjualan.
 

Tinggalkan Balas Komentar